Download Makalah Bai Tawaruq

Ado kali ini membagikan Makalah tentang Bai Tawaruq. Ini cuplikan materinya. 
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Akad Bai’ Tawarruq
Menurut Al-Fairuzi, dalam bahasa arab Tawarruq berasal dari kata wariq, artinya karakter atau simbol dari perak. Dalam kamus Muhiith kata tawarruq berasal dari kata kertas dan koin dirham yang terbuat dari perak atau uang yang terbuat dari dirham. 
Jamak dari tawarruq adalah awraaq yaitu kertas yang berfungsi menggantikan 
uang atau uang kertas. Kata tawarruq ini digunakan untuk mengartikan mencari perak, sama dengan kata ta’allum, yang artinya mencari ilmu, yaitu belajar atau sekolah. 
Kemudian diartikan lebih luas lagi menjadi mencari uang tunai dengan berbagai cara, 
yaitu bisa dengan mencari perak, emas atau semacamnya.
Sedangkan secara istilah, Ibrahim Fadhil Dabu mengartikan tawarruq sebagai suatu kegiatan dimana ketika seorang membeli suatu komoditi secara kredit (angsuran) pada harga tertentu dan kemudian menjualnya untuk mendapatkan likuiditas (uang) kepada pihak lain (secara tunai) pada harga yang lebih rendah dari harga asalnya. Jika orang tersebut menjualnya ke pihak penjual pertama, maka hal tersebut menjadi tergolong transaksi terlarang yang disebut Bai’ al-Inah.
Dari pemaparan para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa akat tawarruq merupakan transaksi jual beli yang dilakukan dengan cara pembayarannya secara kredit kemudian barang yang dijadikan transaksi tersebut dijual kembali dengan sistem bayar kontan kepada pihak ketiga. Dimana transaksi tawarruq dilakukan untuk mencari dana tambahan yang didapat dari pembayaran kontan yang dilakukan oleh pihak ketiga terhadap pihak kedua. Pada prinsipnya mekanisme transaksi ini memiliki aspek riba, dimana adanya tambahan uang dalam jual beli tersebut. Dalam Hukum Islam, tawarruq arti nya adalah struktur yang dapat di lakukan oleh seorang mutawarriq yatiu seorang yang membutuh kan likuditas. Transaksi tawarruq adalah ketika seseorang membeli sebuah produk dengan cara kredit atau pembayaran dengan cara cicilan dan menjual nya kembali kepada orang ke tiga yang bukan pemilik pertama produk tersebut dengan cara tunai, dengan harga yang lebih murah... Selengkapnya ada di bawah, ReDo segera bisa plorot. 
Makalah Bai Tawaruq Pdf

Makalah Bai Tawaruq 1

0 Response to "Download Makalah Bai Tawaruq"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel